Apa Saja Metode Penelitian Kedokteran?  Yuk, Kita Bahas!

Jurusan atau disiplin ilmu pada tingkat perkuliahan berbeda-beda antara satu dengan yang lain termasuk metode penelitian kedokteran juga berbeda. Terutamanya, bagi mahasiswa yang telah berada di tingkat akhir. Biasanya, akan dihadapkan dengan mata kuliah penelitian. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa jurusan kedokteran yang mana jurusan ini dianggap lebih kompleks dibandingkan jurusan lain.

Namun, bagi seorang mahasiswa hal yang terpenting adalah penyusunan skripsi atau karya ilmiah. Dikarenakan, itu merupakan syarat kelulusan bagi seorang mahasiswa, terutama bagi mahasiswa kedokteran yang mempunyai metode penelitian yang berbeda-beda tentunya dengan metode penelitian pada jurusan lain. 

Jenis Metode Penelitian Kedokteran

Tepatnya, jika anda merupakan mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang sedang menyusun proposal. Maka, langkah yang perlu anda ketahui adalah metode penelitian yang sesuai dengan karya ilmiah anda. Ini dikarenakan terdapat banyaknya ragam jenis metode penelitian yang dapat anda lihat. Berikut ini jenis -jenis metode penelitian bagi anak kedokteran.

  1. Penelitian Survey (Survey Research)

Metode survei adalah metode penelitian yang dapat dikatakan bukan metode non-experiment. Yaitu, sebuah metode yang diberlakukan untuk sampel sehingga tidak semua populasi menjadi objek penelitian dalam penelitian ini. Dalam sebuah metode survey, terdapat dua buah sifat penelitian yaitu :

  • Deskriptif

Dilihat dari jenis sifat penelitian ini, tentunya digambarkan sebagai sebuah metode yang dikhususkan untuk mendeskripsi. Sehingga pada saat anda menggunakan metode survey deskriptif, itu berarti anda meneliti dengan analisa secara deskripsi.

  • Analitik 

Sedangkan, pada jenis sifat penelitian ini lebih merujuk kepada penjelasan yang detail akan suatu kondisi dan lingkungan. Sehingga pada saat metode ini digunakan, salah satu aspek yang perlu anda telusuri adalah terkait dengan definisi atau akar penyebab permasalahan dalam penelitian anda.

  1. Penelitian Eksperimen (Experiment Research)

Jenis metode penelitian ini lebih merujuk kepada aksi atau tindakan peneliti, yang dimana penelitian ini merupakan sebuah bentuk percobaan atau usaha pengubah antara variabel dependen terhadap independen. Perlakuan variabel independen pada jenis penelitian ini lebih kepada usaha peneliti dalam mendapatkan hasil akan suatu penelitian.

Metode ini biasanya menjadi gambaran yang sesuai terhadap peneliti yang lebih suka atau terfokus terhadap obat-obatan, pasien, ataupun hal-hal yang berhubungan dengan pasca rawat. Dikarenakan, dari segala jenis aspek tersebut peneliti dapat memutuskan keberhasilan penelitiannya tersebut atau kegagalannya dalam melakukan penelitian.

  1. Penelitian Surveilans (Surveillance Research)

Sebuah metode penelitian kedokteran yang digunakan bagi peneliti yang lebih suka terhadap pengembangan atau peninjauan sebuah studi. Bentuk studi penelitian yang seperti ini agak jarang dilakukan bagi para peneliti pemula. Ini dikarenakan aspek pengembangan dalam metode ini, harus berlanjut-lanjut.

Namun, dalam istilah kedokteran terdapat bentuk ilmu epidemiologi atau sebuah disiplin ilmu yang dikhususkan untuk mempelajari sebuah penyakit. Penyakit inilah yang menjadi sebuah studi utama dan ditinjau secara terus menerus terkait aspek perkembangannya. Contoh, seperti pasien Demam Berdarah atau DBD. 

Pasien ini akan ditinjau secara terus menerus terkait kesehatannya untuk dikenal pasti penyebab dan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan penyakit tersebut. Penelitian inilah yang disebut dengan penelitian surveillance atau penelitian berkelanjutan. 

Inilah yang membedakan metode pengamatan pada penelitian jurusan lain dengan metode penelitian pada jurusan kedokteran. Namun, jika anda masih merasa pusing atau kesulitan dengan tugas akhir anda, sulit mencari metode penelitian kedokteran yang sesuai dengan penelitian anda. Jasa Tugas Kedokteran merupakan solusi yang tepat, karena kami akan memberikan harga terbaik dengan kualitas maksimal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.