fbpx

Menggunakan Mendeley Untuk Penyusunan Daftar Pustaka 

Ketika menulis karya ilmiah, hal yang terpenting adalah sumber referensi atau dikenal juga dengan daftar pustaka. Pembuatan daftar pustaka ini terbagi menjadi dua, yaitu secara manual dan otomatis. Pembuatan daftar pustaka secara manual dapat anda gunakan melalui Word. Sedangkan, pembuatan daftar pustaka secara otomatis dapat menggunakan Mendeley.

Apa Itu Mendeley?

Mendeley atau dapat disebut juga Citation Reference, dapat digunakan untuk membantu para penulis karya ilmiah ataupun pelajar dan mahasiswa dalam mendapatkan sumber referensi bagi tulisannya. Dikenali sebagai sebuah aplikasi yang dapat memudahkan untuk mendapatkan sumber dikarenakan adanya integrasi link sumber dan kutipan bacaan yang tertulis.

Perangkat lunak ini diresmikan pada agustus 2008 di United Kingdom, awalnya perusahaan yang menciptakan mendeley ini hanya membuat produk-produk lain yang digunakan oleh para kalangan akademik. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, dunia teknologi menjadi salah satu referensi utama bagi seorang pelajar. 

Dari adanya pemikiran berbasis teknologi dan penyatuan antara sumber rujukan ilmiah artikel para peneliti. Menjadikan perusahaan mendeley kemudian mengembangkan aplikasi yang dikenal kemudian dengan Mendeley Reference.  

Mengapa Mendeley Menjadi Fokus Utama Peneliti?

Jika anda adalah seorang mahasiswa ataupun peneliti yang sedang menulis karya ilmiah, pasti tidak terlepas dari namanya rujukan ataupun sumber dalam sebuah tulisan. Hal ini terjadi dikarenakan dalam sebuah karya ilmiah terdapat hak cipta sehingga anda dilarang untuk mengcopy paste hasil tulisan orang lain. Berkat dari adanya larangan tersebut, disusunlah dalam sebuah pedoman karya ilmiah yang mengharuskan penggunaan daftar pustaka.

Tanpa adanya daftar pustaka, tulisan anda akan dikenakan plagiarisme, sehingga daftar referensi bisa dikatakan sebagai hal yang penting. Mendeley Inc sudah menjadi topik utama dalam pembuatan karya ilmiah, sehingga tidak perlu diharapkan jika aplikasi tersebut sering menjadi fokus utama para peneliti.

Terutamanya, aplikasi tersebut mempunyai integrasi link atau penyatuan sumber dan kutipan yang dikhususkan langsung kepada penulis agar pada saat menulis, akan tertampil dengan sendirinya penggunaan sumber-sumber pada tulisannya. Tepatnya, jika anda menggunakan Mendeley, akan terdapat sumber kutipan yang dilacak langsung melalui aplikasi tersebut. Sehingga, anda tidak kesulitan lagi dalam menuliskan kutipan serta sumber pada karya ilmiah anda.

Keunggulan Aplikasi Mendeley

Secara akademis dalam dunia penelitian lebih mengandalkan Mendeley dalam pembuatan referensi pada hasil karya ilmiahnya. Namun, tahukah anda apa saja keunggulan-keunggulan penggunaan aplikasi tersebut? Mari simak penjelasannya berikut ini!

  1. Memudahkan Penulis atau Peneliti Mencari Sumber

Sumber penelitian terkadang menjadi salah satu hal yang sulit bagi peneliti atau penulis karya ilmiah yang baru berkecimpung dalam dunia penulisan. Hal ini menjadi salah satu alasan, mengapa anda perlu menggunakan Mendeley. Dikarenakan, dalam aplikasi tersebut, terdapat beberapa jenis bentuk Mendeley yang dapat memudahkan anda dalam menulis.

  1. Dapat Digunakan Melalui Settingan Keamanan Tersendiri

Salah satu aspek yang membedakan penggunaan Mendeley dengan aplikasi lain adalah adanya pengaturan keamanan yang dapat di reset sendiri. Pada saat anda menggunakan aplikasi Mendeley, hal yang perlu diatur adalah pengaturan jaringan agar pada saat pengupdatean sumber tidak terjadi kendala pada daftar sumber anda.

  1. Adanya Pembatasan Ruang Akses

Dalam pembuatan daftar sumber, biasanya ada pembatasan ruang akses yang dibatasi. Namun, keunggulan utama pada aplikasi ini adalah tidak adanya pembatasan, sehingga anda dapat kapan saja menggunakan aplikasi ini.

  1. Terdapat Fitur Yang Menarik

Dalam aplikasi Mendeley, terdapat banyak fitur-fitur yang dapat anda gunakan sebagai fitur pembelajaran. Tepatnya, fitur-fitur ini diciptakan untuk memudahkan anda dalam belajar, sehingga dapat menemukan banyak referensi baru.

Itulah beberapa informasi terkait menggunakan Mendeley untuk penyusunan daftar pustaka yang dapat anda gunakan. Namun, jika anda mempunyai permasalahan dengan Tugas Akhir anda, Jasa Tugas Kedokteran adalah solusi yang tepat bagi anda, karena kami sudah mempunyai staff profesional yang akan membantu memudahkan anda dalam berbagai kebutuhan tugas Kedokteran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *